How to

Keyboard buat Ipad

Punya iPad ipad keyboardmemang menyenangkan. Saya sudah dua kali ganti tipe. Sekarang saya memegang iPad Air, ipad terbaru. Lebih banyak dipakai anak untuk main game. Sesekali dipakai untuk melihat jejaring media sosial. Itu saja selama ini fungsinya.

Tapi tidak mulai sekarang. Sebuah cara sederhana bisa membuat iPad lebih dari sekedar gamming gadget atau browsing tool. Masalah mendasar pada iPad yang ingin dipakai untuk bekerja adalah ketiadaan tombol ketik fisik. Karena mengetik memakai tombol virtual sangat tidak praktis dan tidak bisa dilakukan dalam jangka panjang dan lama.

Setelah tengok kanan kiri dan cari tahu di internet, sekarang saya mengetik post ini menggunakan Keypad Ipad Air dari Lapara, AddKee F9. Memang ini tidak semahal Logitect atau merek lain. Tapi fungsi dasar bagi umumnya tombol fisik untuk mengetik terpenuhi. Disambungkan dengan iPad melalui Bluetooth. Tak ada masalah sejauh ini. Harganya setengahnya Logitect. Keyborad Lapara Ipad Air ini hanya 500 ribuan. Bahkan saya cek ada toko dunia maya yang menawarkan harga lebih murah.

Dengan Keyboard tambahan ini Ipad sekonyong-konyong menjelma menjadi lebih berguna untuk pekerjaan ketik-mengetik. Jika perjalanan jauh untuk urusan kerjaan tak perlu lagi bawa laptop kantor yang beratnya naudzubillah :).

Leave a Reply

%d bloggers like this: