How to

Beras dan HP Basah

ImageMungkin ada baiknya saya menceritakan pengalaman menarik ini. Siapa tahu berguna bagi yang mengalami nasib sama.

Kejadiannya sekitar sebulan lalu. iPhone saya basah karena hal sepele: lupa tidak mengambilnya dari motor ketika motor itu di cuci di tempat pencucian motor. iPhone itu basah kuyup dan ketika itu saya sudah tak punya harapan.

Namun ketika dinyalakan, iPhone masih menyala dengan genangan air terlihat di seluruh permukaan LCDnya. Mengikuti insting, saya langsung mematikan iPhone itu karena saya yakin kalau terus menyala, aliran listrik akan bertemu air dan ujung-ujungnya membuat iPhone kebakar.

Lantas saya bergegas ke toko dan mendatangi salon di sebelah toko saya untuk meminjam hair dryer. Saya haruas segera mengeringkan iPhone itu. Dengan susah payah, saya berhasil membongkarnya sengingga saya bisa mengeringkan bagian dalamnya. Setelah beberapa lama dikeringkan, saya hidupkan kembali iPhone itu. Ternyata pengering rambut sama sekali tidak berfungsi. iPhone tetap basah dan LCD nya dipenuhi genangan air. Saya kehabisan harapan dan mengikhlaskan jika iPhone saya berpulang. Mungkin saatnya ganti. iPhone ini sudah menemani saya 5 tahun

Iseng-iseng saya mencari tahu di internet tips menyelamatkan smart phone yang basah kena air. Saya menemukan tips sederhana: setelah dikeringkan oleh pengering, segera rendam dalam beras selama 2 sampai 3 hari. Terkesan sedikit konyol. Tapi saya ikuti saja saran itu. Apa mau dibuat, ini usaha terakhir.

Saya rendam iPhone itu dalam beras selama 3 hari. Pastikan seluruh bagian handphone terendam.

Setelah tiga hari, dengan penuh harap dan perasaan ikhlas, saya mengambil iPhone itu dari dalam kuburan beras. Tombol powernya saya tekan. Dan….ternyata seperti mukjizat, iphone saya kembali normal. Semua genangan air dari LCD hilang. Benar-benar hilang kering. iPhone seperti sedia kala, seperti tidak pernah tersiram air sama sekali.

So, kalau smartphone atau handphone tersiram air masih bisa nyala, segera: 1) Matikan HP 2) Keringkan pakai pengering rambut, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu lama. Pastikan suhunya sedang. dan 3) Rendam dalam beras selama 3 hari.

Setelah dicari-cari. ternyata memang beras mengandung unsur yang bisa menyerap air, disamping membuat hp berada dalam suhu hangat stabil

Selamat mencoba

4 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: