OS Sierra lambat, downgrade saja!

Saya punya Macbook air keluaran 2015 sejak 2015. Karena saya bukan orang yang kerja di bidang desain grafis atau olah video, saya sengaja membeli Mac yang basic karena kebanyakan pekerjaan saya hanya terkait tulis menulis dan berselancar di internet. Paling banter mendengarkan musik. Jadi Macbook yang saya beli spesifikasinya basic: hanya 4 BG ram, 128 storage. Sampai setahun pertama saya puas dengan Mac saya, sampai saya tergoda untuk menaikan Mac OS dari 10.11, bawaan Mac ketika beli, ke Mac OS Sierra (11.12). Dari situ saya mulai mengeluh.

Dari segi fungsi hampir tidak ada beda antara ElCapitan (10.11) dengan Mac Sierra (11.12). Ada sedikit tweak yang lebih gimmical. Yang terjadi justru Mac saya menjadi tidak berjalan mulus dan menjadi lambat. Membuka beberapa app sekaligus menjadi bermasalah karena Mac sering membeku dan bahkan harus di restart. Padahal saya sudah membatasi penggunaan aplikasi.

Saya menahan penderitaan ini sampai setahun, sampai saya membeli laptop Yoga yang spec lebih tinggi (8 GB RAM) karena pekerjaan mulai menumpuk dan ini Mac sudah tidak bisa diandalkan. Tapi memang beralih kembali ke window membutuhkan waktu transisi. Dalam beberapa hal harus diakui Mac memang jauh lebih unggul. Mendengarkan musik dari Mac jauh lebih jernih dengan kualitas suara lebih baik.

Downgrade OS

Akhir pekan kemarin saya memutuskan untuk men-downgrade Mac saya ke sistem sebelumnya. Beda dengan window, kalau mau menurunkan OS di Mac, langkah yang harus ditempuh tidak terlalu mudah, meski juga tidak susah. Saya berhasil melakukan penurunan (downgrade) OS ke El Capitan dari Sierra dengan langkah berikut:

  1. Pastikan kita mendownload OS Elcapitan. Jika sebelumnya sudah pernah menginstal, anda tinggal masuk ke AppStore, lantas masuk ke purchase. Semua yang pernah kita beli dari app store ada di situ. Dan OS Elcapitan pasti ada di situ. Download kembali file itu dan dia nanti akan muncul di folder Application meskipun tidak diinstal secara otomatis. Untuk menginstallnya anda butuh langkah ke 2
  2. Pastikan anda punya USB minimal 8 GB. USB ini akan dijadikan perangkat untuk menginstal. Caranya adalah dengan menjadikan USB itu menjadi bootloader. Untuk menjadikan USB boatloader El Capitan, caranya: a) Sambungkan USB ke Mac, dan rename dengan nama apa saja. Tapi untuk memudahkan namai saja “ElCapInstaller”. b) Buka aplikasi Terminal di Mac anda (Appplication/Utilities) dan salin text berikut dan biarkan sampai selesai “Done”. Anda mungkin akan diminta password Mac. Proses kurang lebih berjalan 20 menit, setidaknya dalam kasus saya :

    sudo /Applications/Install\ OS\ X\ El\ Capitan.app/Contents/Resources/createinstallmedia –volume /Volumes/ElCapInstaller –applicationpath /Applications/Install\ OS\ X\ El\ Capitan.app –nointeraction

  3. Biarkan beberapa saat (bisa sampai 20 menit prosesnya) sampai “done”. Jika sudah selesai maka USB anda bisa dipakai untuk install ulang. Cara mengintal ulang cukup dengan me-restart Mac anda dan jangan lupa tekan tombol Option ketika restart. Nanti tinggal ikuti saja instuksi di layar dengan memilih USB boatloader yang sudah dibuat (bukan dari time machine).Downgrade-macOS-Mojave-beta-to-macOS-High-Sierra-1
  4. Sebelum menginstal anda akan masuk ke Mac OS Utilities (lihat gambar di atas) dan pilih Disk Utilities. jangan lupa untuk mendelet dahulu sistem Mac OS lama anda karena kalau belum di delete sistem OS Sierra-nya, makan OS ElCapitan tidak akan bisa diinstall. Setelah dihapus anda akan kembali ke layar awal di Mac OS Utilities dan tinggal pilih menu Reinstal MacOS.

Semoga sukses dan jangan takut gagal. Ada banyak vide tutorial juga di youtube untuk proses ini.

Salam utak atik 🙂

Leave a Reply