Libur Rahasia di Sekolah Kaka dan Yarra

Illustration only

Tadi pagi saya mendapatkan email dari sekolah Yarra dan Kaka. Bagusnya di sini, semua informasi sekolah diberitahukan kepada kita lewat email. Kadang sampai dua kali dalam seminggu kita dikirim email terkait informasi apa saja dari sekolah Kaka. Tentu itu karena lebih mudah dan murah.

Emailnya berisi informasi penting untuk minggu depan. Salah satu hal yang diinformasikan adalah perihal libur sekolah. Kening saya sedikit berkerut. Sebelumnya istri sudah memberitahu bahwa Senin tanggal 10 Sep libur. Tapi saya masih penasaran kenapa hari itu libur. Pasalnya, kalau libur biasanya diberitahu dalam rangka apa: apakah hari buruh, kemerdekaan, Martin Luther King day, Thanksgiving atau yang lain. Libur besok hanya diberitahu: unassigned day.Tentu informasi itu bukan informasi karena tidak menjelaskan apapun selain ingin bilang hari libur ‘tak ada kerjaan’

Saking penasarannya saya buka kalender di handphone dan saya aktifkan fitur hari-hari penting di Amerika. Selelah saya membuka fitur itu, mulailah sedikit jelas: tanggal 10 September adalah hari besar umat Yahudi, Rosh Hashanah, semacam serangkaian tahun baru Yahudi.

Setelah dicek, tanggal 19 September, hari Rabu, sekolah Kaka dan Yarra juga libur. Itu adalah hari Yom Kippur, juga hari libur umat Yahudi, rangkaian Rosh Hashanah tanggal 10. Tapi lagi-lagi sekolah hanya bilang: unassigned day.

Kenapa sekolah tidak jujur dengan bilang: Rosh Hashanah dan Yom Kippur day? Pikiran saya mulai sedikit usil. Saya tahu, jika menyebut dua hari itu mungkin sekolah akan dianggap melanggar peraturan terkait diskriminasi. Kalau Yahudi dikasih libur sampai dua kali dalam dua minggu dan secara terang-terangan disebut dalam kalender sekolah, mungkin nanti yang Muslim minta minimal libur pas Idul Fitri (di Amerika anak-anak tetap sekolah pada hari Idul Fitri). Juga agama lain.

Akhirnya libur sekolah itu ditentukan dengan prinsip ‘tahu sama tahu’. Dibilang hanya unassigned day meski semua orang tahu (kecuali saya karena baru tahu hari ini) bahwa itu hari untuk merayakan hari suci umat Yahudi. Tapi persis disini yang bermasalah untuk saya. Di Amerika saya diajarkan untuk jujur dan terus terang. Tapi dari kalender sekolah itu saya mendapat kesan kerahasiaan dan tidak terbuka.

Saya sedang mengetes bertanya ke sekolah langsung kenapa libur. Ingin tahu jawabannya seperti apa? Tunggu nanti kalau sudah dijawab. Tapi perasaan saya mereka tetap tidak akan menyebut libur itu untuk perayaan hari raya Yahudi, karena mungkin itu akan melanggar klausul diskriminasi.

Leave a Reply